5 Bahan Plastik yang Digunakan untuk Wadah Makanan dan Minuman



Wadah plastik sering Kita jumpai untuk menempatkan makanan maupun minuman. Biasanya sering digunakan ketika Kita membeli sesuatu, salah satunya botol minum kemasan yang terbuat dari plastik agar ringan dan mudah dibawa kemana-mana. Ada banyak jenis bahan plastik yang digunakan untuk wadah makanan maupun minuman, dan berikut ini Air Gunung SLA merangkum 5 jenis bahan plastik untuk Kamu.

1.    HDPE
HDPE merupakan singkatan dari High Density Polyethylene. Bahan HDPE ini biasanya berwarna putih atau bisa juga diwarnai selain putih, pada umumnya digunakan untuk susu botol, cairan pembersih rumah atau botol shampo. Bahan HDPE tahan dalam suhu 17-82 derajat celcius, aman digunakan karena mampu mencegah reaksi kimia dengan barang atau zat di luar kemasan.

2.    PET/PETE
PET singkatan dari Polyethylene Terephthalate biasanya digunakan untuk botol minuman, pencuci mulut atau air kemasan, seperti botol Air Gunung SLA. Bahan ini berwarna bening dan bertekstur kaku, bisa digunakan lagi dengan cairan yang sama. Ketika Kamu menggunakan bahan PET untuk wadah makanan atau minuman hindari bahan tersebut untuk terkena sinar matahari secara langsung dalam waktu yang lama.

3.    LDPE
LDPE atau Low Density Polyethylene ini digunakan untuk bahan kresek, kuat dan elastis sehingga sering digunakan untuk wadah belanjaan.

4.    PS
PS atau Polystyrene juga banyak Kamu temukan di kehidupan sehari-hari. Ketika Kamu membeli makanan di luar dan membawanya ke rumah seringkali pedagang akan menggunakan wadah makanan atau minuman dengan berbahan dasar PS. PS ini lebih dikenal dengan sebutan styrofoam.

5.    Other
Bahan plastik yang masuk dalam kategori other ini adalah SPI dengan kode nomor 7 seperti PC (polycarbonate), SAN (styrene acrylonitrile) ABS (acrylonitrile butadience styrene) nylin dan melamin. Ciri-cirinya memiliki bahan yang kuat dan tahan panas, sering kita jumpai sebagai wadah makanan dan minuman di rumah.

Comments

Popular posts from this blog

3 Nama untuk Air Minum

Diet dengan Air Putih

Total Konsumsi Air Minum dalam Sehari